Kenapa penderita hipertensi mesti diet rendah garam?

uci.jpg

Hipertensi adalah tekanan darah yang melebihi ambang normal, nilai normal tekanan darah berbeda dari beberapa literatur yang ada, tetapi biasnya tergantung dari individunya apakah ia merasa fit dengan tekanan darahnya saat ini, namun tetap juga kita menggunakan standar batasan yang menjadi acuan utnuk menentukan apakah seseorang hipertensi atau tidak.

Gejala hipertensipun bervariasi antar individu, tidak ada yang sama persis antara individu yang satu dengan yang lain, hal ini dimungkinkan karena manusia adalah makhluk yang unik. karena keunikan inilah sehingga terkadang penderita mengalami komplikasi yang intensitasnya berbeda pula.

Komplikasi yang sering kali dijumpai pada penderita hipertensi adalah stroke perdarahan, stroke ini terjadi apabila tekanan darah yang menuju arteri serebral begitu hebat sehingga pembuluh darah tidak mampu mentoleransi tekanan tersebut yang akhirnya ruptur (pecah) sehingga darah berhamburan memenuhi rongga otak. adanya bekuan darah inilah yang mengakibatkan penekanan pada pusat-pusat vital di otak yang menyebabkan kelainan pada organ yang dipersarafinya. terkadang penderita mengalami kelumpuhan sesisi atau total dan bahkan kematian.

Dan masih banyak lagi komplikasi yang timbul akibat penyakit ini, tapi saya tidak membahasnya di kolom ini (tunggu bagian berikutnya). penderita dengan hipertensi mesti mnghindari makanan dan minuman yang mengandung garam (natrium or sodium) dan pembatasan diet ini rupanya mampu mencegah peningkatan tekanan darah hal ini dibuktikan oleh beberapa pengalaman penderita ketika mengurangi komsumsi garam, tekanan darahnya bisa terkontrol pada level hipertensi yang ringan.

ada apa sih dengan garam?

Ternyata garam mengandung natrium dan natrium ini bersifat mengikat air, pada saat garam dikomsumsi maka garam tersebut akan mengikat air sehingga air akan terabsorbsi masuk kedalam intravaskuler yang pada gilirannya meningkatkan volume darah, apabila volume darah meningkat maka venous returnpun meningkat yang menyebabkan pengisian jantungpun meningat (preload meningkat). bila preload meningkat otomatis volume sekuncup jantung meningkat, dan secara otomatis curah jantungpun meningkat. sudah dipahami bahwa apabila curah jantung meningkat maka tekanan darah pasti meningkat pula.

Selain itu, natrium adalah salah satu komponen zat terlarut dalam darah, tentunya dengan komsumsi garam akan menyebabkan konsntrasi zat terlarut tinggi yang kita kenal dengan istilah peningkatan osmolalitas. Peningkatan osmolalitas darah merangsang hipofise posterior untuk melepaskan hormon anti diuretik hormon (ADH) yang bekerja pada tingkat tubulus ginjal untuk meningkatkan permeabilitas kapiler. peningkatan permeabilitas kapiler ini memberikan kesempatan pada tubulus untuk mereabsorbsi kembali air masuk kedalan vaskuler, yang pada gilirannya meyebabkan peningkatan volume darah dan tentu saja akan meningkatkan tekanan darah.

Itulah sebabnya penderita hipertensi mesti diet rendah garam…

2 responses to this post.

  1. selain natrium,kio3,apa lg yg terkandung dalam garam?

    IWANSAIN ANSWER
    Menurut Wikipedia Indonesia: Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

    Larutan garam dalam air merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah.

    Reaksi kimia untuk menghasilkan garam antara lain

    Reaksi antara asam dan basa, misalnya HCl + NH3 → NH4Cl.
    Reaksi antara logam dan asam kuat encer, misalnya Mg + 2 HCl → MgCl2 + H2
    Keterangan: logam mulia umumnya tidak bereaksi dengan cara ini.

  2. Posted by Judiharso on September 4, 2008 at 6:14 am

    Kami PT.Holistic Bio Medicine ingin kerja sama memasarkan garam garam rendah natrium dan tinggi kalium sangat cocok utk mencegah dan penderita hipertensi dan jantung.

    Hubungi kami,

    PT.H.Bio Medicine
    Ruko Cempaka Mas Blok N2
    Jakarta Pusat
    Tlp. 021-42884701
    Fax.021-42884702
    Ext.Bp. dr.Agus Rahmadi

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: